05 October 2016

Inafeed.com – Salah satu hewan nocturnal yang memiliki banyak keunikan yakni kelelawar. Binatang yang tidur di siang hari dan berkeliaran di malam hari ini dianggap punya cara tidur yang unik yakni dengan posisi badan terbalik dimana kaki bergantung di atas dan kepala di bawah.

Dan tahukah kamu , kenapa kelelawar tidur dengan cara terbalik ?
Ada beberapa alasan kelelawar memilih tidur dengan posisi terbalik atau menggantung. Cara tidur seperti ini menjadi keunikan tersendiri yang ada pada hewan bersayap unik ini.

Seperti yang dilansir dari viva.co.id, inilah dia beberapa alasan kenapa kelelawar tidur selalu terbalik.

Pertama, kelelawar tidur terbalik karena mereka menghindari predator. Seperti diketahui, kelelawar aktif di malam hari sehingga mereka tertidur di siang hari. Tidur di tempat yang tinggi membuat mereka tetap aman dari jangkauan predator hingga malam tiba.
Kedua, kelelawar menggantung saat tidur untuk memudahkan mereka memulai penerbangan. Posisi yang menggantung di tempat tinggi memungkinkan mereka lepas landas dengan lebih mudah.
Ketiga, kelelawar menghemat energi ketika mereka tidur terbalik. Mereka hanya perlu terbang ke posisi bertengger yang diinginkan, kemudian membuka cakarnya dan menemukan permukaan yang dapat digenggam.

Dan salah satu faktor utama kenapa kelelawar tidur dengan cara terbalik ini juga dipengaruhi oleh berat tubuh bagian atas yNG akan menarik tendon yang terhubung dengan cakar ke bawah, dan menyebabkan cakar mengepal serta menggenggam tempatnya bertengger. Dengan cara itu, kelelawar tak perlu melakukan usaha apa pun untuk tergantung terbalik.

Sementara itu , cakar yang terus tertutup itu akan tetap membuat sang kelelawar tetap bertengger bahkan ketika ia mati.

Unik ya….

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Disini

TENTANG SOEKARNO

KATA HATI

SENI BUDAYA

PENGUNJUNG

ADVETORIAL

Follow by Email

ARTIKEL POPULER

AKTIVITAS

KRITIK-KRITIK SOSIAL

ROOM CHATING BLOG

AQUARIUM RILEX