15 August 2010

TERNYATA, selain memilih 100 orang berpengaruh di seluruh dunia setiap tahun, majalah TIME juga merilis wilayah-wilayah yang layak dikunjungi. Pada tahun 2009, Jakarta termasuk dalam daftar tempat terbaik yang layak dikunjungi di Asia tahun 2009. Anehnya, Jakarta layak dikunhjungi sebagai tempat terbaik untuk melatih kesabaran.

Seperti tertulis dalam situsnya, TIME menentukan 15 terbaik wilayah yang layak dikunjungi di Asia tahun 2009 ini. TIME membagi tempat terbaik di Asia paling layak dikunjungi menjadi tiga bagian.
Kategori itu adalah tempat terbaik untuk pikiran (best for the mind), tempat terbaik untuk tubuh (best for the body), dan tempat terbaik untuk jiwa (best for the soul). Masing-masing kategori mempunyai lima wilayah.

Jakarta sebagai Ibukota RI masuk dalam kategori terakhir, yakni tempat terbaik di Asia sebagai tempat melatih kesabaran. Artikel tentang Jakarta ditulis koresponden TIME Indonesia, Jason Tedjasukmana. “Satu waktu, Bangkok dan Jakarta sama-sama mempunyai lalu-lintas terburuk di Asia. Tapi dekade belakangan, Bangkok memperbaiki hal itu melalui pembangunan transportasi  sistem rel layang dan bawah tanah, meninggalkan Jakarta yang masih macet,” tulis Jason dalam TIME yang dilansir Sabtu (2/5).

 Jason mengungkapkan pengalaman buruknya yang terjadi dua tahun lalu berada di Jakarta. Pada suatu sore, kemacetan membuatnya menempuh enam jam perjalanan untuk jarak tak lebih dari tiga kilometer.“Saat dalam perjalanan pulang mobil saya overheat (terlalu panas) dan saya terpaksa buang air kecil dalam botol dua kali,” tulisnya.

Ketika itu, Jakarta sedang mengalami hujan deras. Jason menyebutkan hal ini adalah pengalaman tak terlupakan. “Tapi pengalaman ini mengajarkan saya dan banyak pengendara bermotor di Jakarta untuk sabar,” lanjutnya.

Jason pun akhirnya memutar iPod mendengar lagu-lagu kesayangannya. “Dan seiring semangat saya yang meningkat, saya melihat dari hati dan mengerti bahwa tidak penting lalu-lintas bergerak atau tidak,” tandasnya.

Dalam kategori best for the soul antara lain ada Kota Ise (Jepang) sebagai tempat yang selalu berubah, Male (Maldives) sebagai tempat mendengar adzan terbaik, Zhongdian (Cina) sebagai tempat berjalan kaki terbaik saat musim gugur.

Sedangkan kategori best for the body, antara lain ada Filipina tempat makan babi terbaik, Hanoi (Vietnam) tempat mencuci rambut terbaik, Helmand (Afghanistan) sebagai tempat berenang terbaik di zona perang, dan Singapura sebagai tempat terbaik merasakan berbagai cokelat dari penjuru dunia. (sri widodo)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Disini

TENTANG SOEKARNO

KATA HATI

SENI BUDAYA

PENGUNJUNG

ADVETORIAL

Follow by Email

ARTIKEL POPULER

AKTIVITAS

KRITIK-KRITIK SOSIAL

ROOM CHATING BLOG

AQUARIUM RILEX