14 July 2012






TOPIK BULAN INI
CALON PRESIDEN BERLATAR MILITER DIMINATI

Dua Calon Presiden RI berlatar belakang TNI berada di tingkat atas hasil survei yang dilakukan Lembaga Klimatologi Politik (LKP). Kedua nama itu mengalahkan calon presiden lain seperti Aburizal Bakrie dan Megawati Soekarnoputri.

Survei LKP tersebut dilaksanakan pada tanggal 20-30 Maret 2013 di 33 Provinsi dengan mengambil sampel sebanyak 1.225 responden melalui teknik multi-stage random sampling. Ambang kesalahan (margin of error) dari survei ini adalah 2,8 persen dan level of confidence 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden dan bantuan kuesioner.

CEO LKP Usman Rachman mengatakan alasan Wiranto masuk menjadi calon presiden tertinggi karena tidak masuk parlemen dan memiliki komitmen terhadap NKRI.

"Berdasarkan survei, kondisi sosial politik, ketidakamanan, kekerasan konflik sosial kemiskinan. Muncul harapan kepemimpinan nasional yang tegas dan bekomitmen," kata Usman dalam jumpa pers di Hotel Grand Menteng, Jakarta, Minggu (28/4/2013).

Masih tingginya minat publik terhadap capres berlatarbelakang TNI terlihat dari hasil surevi dimana 40,5 persen responden lebih menghendaki tokoh militer yang menjadi presiden. Sedangkan untuk tokoh sipil sebanyak 21,4 persen. Lalu 27,3 persen responden tidak mempermasalahkan capres dari TNI atau sipil. Kemudian 10,8 persen responden tidak tahu.

"Sosok Prabowo dan Wiranto dipersepsikan publik sebagai sosok mantan jenderal yang memiliki kapabilitas untuk mengatasi tantangan nasional tersebut," katanya.

Prabowo diketahui merupakan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Sedangkan Wiranto adalah Ketua Umum Hanura. Mengenai kedua tokoh yang lekat dengan orde baru, Usman mengatakan awal mula mereka berhadapan.

Usman mengatakan survei kali ini hanya membatasi pada tokoh-tokoh nasional yang berada di struktur partai atau sering disebut dengan istilah capres struktural. "Survei ini tidak melibatkan tokoh-tokoh alternatif kandidat capres," tukasnya.

"Dari rekam jejak berusaha menjadi leadership. Keduanya secara teritorial paham Indonesia. Keduanya dianggap tegas," tuturnya. (tribunnews.com)

Hasil Survei Calon Presiden yakni:

1 Prabowo Subianto   19,8 persen
2. Wiranto  15,4 persen
3. Aburizal Bakrie 14.4 presen
4. Megawati Soekarnoputri 13,3 persen
5. Ani Yudhoyono 4,8 persen
6. Hatta Rajasa 3,9 persen
7. Suryo Paloh 3,8 persen
8. Sutiyoso 2,7 persen
9. Yusril Ihza Mahendra 2,5 persen
10 Muhaimin Iskandar 1,8 persen
11 Anis Matta 1,3 persen
12. Suryadharma Ali 1,1 persen
13. Tokoh lainnya 3,8 persen
14. Tidak tahu 11,4 persen

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Disini

TENTANG SOEKARNO

KATA HATI

SENI BUDAYA

PENGUNJUNG

ADVETORIAL

Follow by Email

ARTIKEL POPULER

AKTIVITAS

KRITIK-KRITIK SOSIAL

ROOM CHATING BLOG

AQUARIUM RILEX