20 June 2011

Saat ini musim liburan sekolah telah tiba, bagi adik-adik yang berasal dari daerah khususnya yang berasal dari kawasan timur Indonesia dan ingin melanjutkan kuliah di di Jakarta, tentu punya tips tersendiri bagaimana menyikapinya, sebab keinginan kuat untuk kuliah di ibukota terkadang terbentur hanya persoalan sepele, yang seharusnya tidak perlu terjadi. Yang pasti kuliah dimanapun sama problemnya, sama keuntungannya, tergantung cara menyikapinya;

Berbagai pendapat senior terkait bagaimana cara bisa bertahan hidup dan kuliah di Jakarta, ternyata hampir senada. Padahal mereka datang dengan berbagai latar belakang ekonomi yang beragam pula, dari kalangan keluarga sedehana hingga kaya raya, pada umumnya mereka sukses menjalaninya. Beberapa pendapat itu diataranya;

a. Yakinkan diri Anda bahwa Jakarta memang pilihan Anda untuk kuliah. Sebab keyakinan adalah modal paling utama untuk kesusksesan dalam menjalani sesuatu.

b. Buang jauh-jauh pikiran negatif Anda tentang Jakarta sebagai kota yang kejam, banyak copetnya, apalagi menyebutnya sebagai kota yang angka kriminalitasnya tinggi. Jakarta tidak seperti, bagi mahasiswa Jakarta tetaplah pilihan terbaik, sebab seribu satu perguruan tinggi ada di sini, (namanya juga ibukota negara).

c. Yakinkan orang tua Anda, bahwa Jakarta sangat layak untuk sekolah.

d. Sebelum ke Jakarta, ada baiknya searching di internet, situs-situs perguruan tinggi di kota ini. Hampir semua kampus di Jakarta punya website yang mempublikasikan keunggulan-keunggulan kampus masing-masing; diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Mercu Buana, Universitas Guna Darma, Universitas Paramadina, Universitas Trisakti, Universitas Sahid, Universitas Borobudur, YAI, Uhamka, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Bung Karno dan masih banyak lainnya. Mengapa harus mengetahui karakter kampus sebelum ke Jakarta, agar setelah di Jakarta langsung fokus pada tujuan.

e. Buang jauh-jauh pikiran Anda kalau Jakarta itu sangat jauh, sebab hari ini transportasi dan komunikasi bukan lagi sesuatu yang langka dan mahal.

f. Setelah memastikan pilihan kampus Anda, searching pula di internet, kawasan-kawasan pemukiman di sekitar kampus. Biasanya banyak bertebaran tempat-tempat kos mahasiswa, yang cukup terjangkau dengan kantong Anda. Ini penting, agar mahasiswa tidak terjebak macet, bila berangkat atau pulang dari kampus. (tentu ini khusus bagi yang ingin kos, dan tidak tinggal di rumah keluarga)

g. Soal Kos-kosan, tak usah ragu. Di Jakarta ’kehidupan bebas’ yang paling banyak ditakuti para orang tua, sebenarnya tidak perlu terjadi bila niatnya ingin kuliah. Di Jakarta banyak kos-kosan khusus pria atau wanita, yang terjaga ketat keamanannya, dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal, juga dengan harga yang terjangkau. Bila Anda datang bertiga atau berempat dengan kawan-kawan daerahnya., ada baiknya menyewa satu rumah sehingga biayanya bisa lebih irit. Tentu bila Anda juga ingin merasakan suasana kampung Anda sendiri selama kuliah.

Lalu bagaimana dengan biaya hidup selama tinggal di Jakarta? Benar, kalau harga kebutuhan hidup di Jakarta itu sangat tinggi, tapi ini berlaku bagi mereka yang suka menghabiskan waktunya di mal-mall atau tinggal di kos-kosan yang mewah. Padahal sebenarnya, Jakarta juga banyak pilihan yang terjangkau. Ya, kira-kira sama saja kondisinya dengan kita yang tinggal di daerah;

Yang pasti, tips utama Anda tinggal dan bertahan di Kota Jakarta, adalah bagaimana Anda bisa mengelolah dengan baik keuangan (yang sudah dijatahkan orang tua), bisa bersosialisasi dengan tetangga, mengenal kondisi kampus dan wilayah yang akan dituju, dan yang terpenting, bagaimana Anda bisa mengelolah kerinduan Anda pada keluarga.

Yakinlah, bahwa ketika Anda sudah tercatat sebagai mahasiswa di salah satu kampus di Jakarta, bentangkan pikiran positif Anda, bahwa Anda yakin bisa menaklukkan dunia Jakarta. Anda ke Jakarta tidak sendiri lagi. Yakinlah bahwa di Jakarta Anda akan bertemu dengan kerabat-kerabat Anda, yakinlah bahwa cara berpikir Anda akan berubah, dan yakinlah bahwa Jakarta akan memberi sesuatu yang terbaik bagi masa depan Anda.

Jadi apalagi? Jika Jakarta benar-benar pilahan Anda, maka sedari sekarang, rajin-rajinlah membuka situs-situs perguruan tinggi yang Anda akan tuju. Termasuk kondisi sekitar kampus Anda. Om Google, insya Allah akan bisa memandu Anda.

Selamat Datang di ibukota.!!!
Jakarta tidaklah kejam,
justru kitalah yang kejam terhadap jakarta


Jakarta, 20 Juni 2011.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Isi Komentar Anda Disini

TENTANG SOEKARNO

KATA HATI

SENI BUDAYA

PENGUNJUNG

ADVETORIAL

Follow by Email

ARTIKEL POPULER

AKTIVITAS

KRITIK-KRITIK SOSIAL

ROOM CHATING BLOG

AQUARIUM RILEX